Contoh Slip Gaji Karyawan Sederhana

karyawan uduh slip gaji online

Tidak sedikit karyawan, tidak tahu jumlah gaji yang diterima! Mungkin mereka, belum tahu, bahwa ada yang namanya slip gaji.

Pasalnya, di slip gaji, seorang karyawan bisa mengetahui informasi tentang jumlah gaji, potongan, bonus, tunjangan, dan lain-lainnya.

Namun, tidak semua perusahaan memberikan slip gaji secara otomatis, kepada karyawannya. Tapi, penting atau tidak, karyawan tetap harus tahu apa itu slip gaji dan bagaimana bentuknya!

Nah, perusahaan Anda sendiri, memberikan slip gaji secara otomatis atau sesuai permintaan karyawan saja nih? Oke, sebelumnya yuk intip apa itu slip gaji beserta komponen dan manfaatnya untuk karyawan.

Pengertian Slip Gaji

Slip gaji adalah dokumen yang diterbitkan oleh perusahaan kepada karyawan, yang berisikan informasi mengenai jumlah gaji yang diterima oleh karyawan, beserta potongan-potongan yang dikenakan seperti pajak, iuran kesehatan dan lain-lain. 

Adapun, slip gaji sendiri juga merupakan dokumen yang sah, dan sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 78 tahun 2015. 

Komponen atau Format Slip Gaji

Bedakan dokumen slip gaji dan dokumen lainnya, dengan mengetahui komponen atau format, yang biasa tercantum pada slip gaji. Berikut komponennya:

  • Nama karyawan: Nama lengkap karyawan yang menerima gaji
  • Nomor identitas karyawan: Nomor KTP atau nomor lain yang digunakan perusahaan untuk mengidentifikasi karyawan
  • Bulan dan tahun: Bulan dan tahun untuk periode gaji yang diterima
  • Gaji pokok: Jumlah gaji dasar yang diterima karyawan
  • Tunjangan: Jumlah tunjangan yang diterima karyawan, seperti tunjangan transportasi, tunjangan kesehatan, dll
  • Potongan: Jumlah potongan yang dikenakan perusahaan, seperti potongan pajak, iuran kesehatan, dll
  • Gaji diterima: Jumlah gaji yang diterima karyawan setelah dipotong semua potongan
  • Jumlah jam kerja: Jumlah jam kerja yang diterima karyawan dalam periode gaji tersebut.
  • Note: Tergantung perusahaan, komponen yang tertera pada slip gaji dapat berbeda-beda.

Sumber: Infopublik.id

Meskipun setiap perusahaan memiliki gaya atau format slip gaji karyawan yang berbeda, namun cara buat template slip gaji online atau cetak (offline) tetap harus memenuhi ketentuan komponen, daripada upah yang berdasarkan pada UU Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003, yang isinya adalah sebagai berikut.

Hak pekerja/buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja atau buruh/buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja/buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan/atau jasa yang telah telah atau akan dilakukan.

Manfaat Slip Gaji

Biasanya buat apa sih dokumen slip gaji ini, selain untuk melihat rincian jumlah gaji? Kan, karyawan bisa cek sendiri di rekeningnya, pada saat gajian?

Eits, nggak cuma buat ngecek gaji, karena slip gaji memiliki beberapa manfaat bagi karyawan, diantaranya:

  • Informasi gaji: Pertama, tentu slip gaji bermanfaat untuk memberikan karyawan informasi tentang jumlah gaji yang diterima, beserta potongan dan tunjangan yang dikenakan.
  • Transparansi: Slip gaji memberikan transparansi bagi karyawan tentang pembayaran gaji yang diterima, sehingga karyawan dapat memastikan bahwa gaji yang diterima sesuai dengan apa yang diharapkan.
  • Rekam jejak: Slip gaji menyediakan rekam jejak bagi karyawan tentang gaji yang diterima dari waktu ke waktu, yang dapat digunakan sebagai bukti pembayaran gaji jika dibutuhkan di kemudian hari.
  • Pemahaman tentang pajak: Slip gaji memberikan karyawan pemahaman tentang berapa jumlah pajak yang harus dibayar, sehingga karyawan dapat membuat perencanaan keuangan yang lebih baik.
  • Pemahaman tentang tunjangan: Slip gaji memberikan karyawan pemahaman tentang tunjangan yang diterima, sehingga karyawan dapat membuat perencanaan keuangan yang lebih baik.
  • Pemahaman tentang jam kerja: Slip gaji memberikan karyawan pemahaman tentang jam kerja yang diterima, sehingga karyawan dapat membuat perencanaan kerja yang lebih baik.
  • Nego Gaji di Perusahaan Baru: Nah, buat karyawan yang lagi berusaha untuk pindah ke perusahaan baru, terlebih karena faktor gajinya kurang gede, bisa melampirkan slip gaji sebagai alat bukti untuk negosiasi. Bahkan, justru pihak perusahaan yang meminta kandidat untuk melampirkannya sebagai syarat.
  • Mengajukan Kredit atau Cicilan: Karyawan mau pinjam uang ke bank, beli motor, mobil, atau bahkan rumah, tapi sering ditolak? Mungkin karena pihak bank atau dealer tidak percaya kalau kamu mampu membayar cicilan. Maka dari itu, mereka sering minta lampiran slip gaji 3 bulan terakhir, sebagai bukti bahwa kamu memiliki pekerjaan dan memiliki gaji per bulan. Dari informasi slip gaji juga, mereka bisa menyimpulkan tenor hingga limit yang bisa diberikan.

Contoh Slip Gaji Karyawan 

Kaya gimana sih bentuk dari slip gaji karyawan? Apakah seperti kuitansi, struk belanja, atau seperti surat pada umumnya? 

Oke, sebelumnya contoh slip gaji sederhana ini hanyalah sebuah contoh, dan dapat berbeda dari slip gaji yang sebenarnya. Hal tersebut karena adanya perbedaan perusahaan dan peraturan yang berlaku.

Nah, biar karyawan atau bahkan HRD di perusahaan Anda tahu, berikut beberapa contoh slip gaji karyawan sederhana: 

Contoh 1

Nama karyawan: John Doe

Nomor identitas: 123-456-789

Bulan dan tahun: Januari 2022

Gaji pokok: Rp.5.000.000

Tunjangan: Rp.1.000.000

Potongan:

Pajak: Rp.500.000

Iuran kesehatan: Rp.200.000

Gaji diterima: Rp.5.300.000

Jumlah jam kerja: 160 jam

Contoh 2

Sumber: Detikfinance

Sumber: adriansiaril.com

Perlu diingat, tidak semua perusahaan memberikan slip gaji dengan cuma-cuma, karena dokumen ini bersifat rahasia antara perusahaan dan karyawan terkait.

Ada perusahaan yang memberikan slip gaji otomatis ke email karyawan setiap tanggal gajian, ada yang tidak. Nah, kalau nggak otomatis, apakah HRD bisa memberikan slip gaji ke karyawan secara manual? Bisa!

Biasanya, ada karyawan yang membutuhkan dokumen slip gaji untuk berbagai keperluan, tapi slip gaji tidak diberikan secara otomatis. Sehingga, karyawan bisa mengajukan permintaan slip gaji secara personal, kepada pihak HRD. Karena HRD, pasti sudah hatam soal penggajian karyawan.

Buat dan Sebar Slip Gaji Otomatis Mudah Dengan Nusawork

nusawork karyawan dapat uduh slip gaji di aplikasi nusawork secara mandiri.

Perusahaan sudah besar, buat data gajian dan slip gaji masih manual? Coba pakai software HR dari Nusawork deh!

Nusawork HR sendiri merupakan sistem layanan kelola HR berbasis web dan aplikasi, yang dapat membantu perusahaan untuk mengatasi permasalahan HR & manajemen serta operasional harian karyawan dengan ESS (Employee Self Service). Mulai dari absensi Hybrid, kelola & request cuti, sistem approval hingga perhitungan penggajian.

nusawork dapat unduh slip gaji lebih mudah
nusawork dapat unduh slip gaji lebih mudah

Nah, dengan menggunakan Nusawork karyawan dapat uduh slip gaji di aplikasi nusawork secara mandiri tanpa perlu melakukan request, hal ini bisa mengurangi proses HR yang repetitif dan dapat mengurangi beban kerja HR dengan fitur self service yang tersedia di aplikasi nusawork.

Pembuatan payroll dan payslip dengan software HR Nusawork, juga sudah terintegrasi dengan absensi real time, sehingga perhitungan jumlah jam dan hari kerja lebih akurat.

Soalnya, Nusawork memiliki fitur-fitur mumpuni untuk segala penghitungan, seperti  penggajian karyawan (payroll), PPH 21, BPJS. Selain itu, juga ada fitur laporan atau rekap, sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Seperti rekap presensi karyawan dan rekap gaji karyawan sehingga dapat membantu bagian Finance dalam melakukan pembukuan.

Bagikan artikel ini