Apa Itu CHRP dan Bagaimana Sertifikasi Ini Mempengaruhi Karir HR Anda

Rachmad Raditiyoputro

|

12 June, 2023

Bagikan artikel ini

Icon Facebook

Icon Twitter

Mau lebih dipercaya soal profesionalitas karir? Ikut sertifikasi profesi saja! Karena beberapa profesi memiliki sertifikasi tersendiri, untuk mendapatkan pengakuan secara resmi, seperti profesi human resources (HR) atau praktisi sumber daya manusia.

Untuk sertifikasi profesi HR sendiri, disebut CHRP atau Certified Human Resources Professional. Di mana seorang HR, bisa mengikuti sertifikasi CHRP tersebut, untuk mendapatkan validasi dalam industri tersebut, dan tentunya berpengaruh pada karir seorang HR.

Mengenal Sertifikasi CHRP

Sertifikasi CHRP memvalidasi, dan meningkatkan peluang karir.

Apa itu CHRP? Seperti yang sudah dibahas sedikit, CHRP (Certified Human Resources Professional) merupakan sebuah sertifikasi profesional yang diberikan kepada praktisi sumber daya manusia (SDM) atau HR, yang telah memenuhi persyaratan pendidikan, pengalaman kerja, dan ujian yang ditetapkan oleh lembaga sertifikasi yang relevan.

Intinya, Sertifikasi CHRP menunjukkan bahwa individu tersebut memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang diperlukan untuk bekerja di bidang SDM.

Dari mana sertifikasi CHRP bisa didapatkan? Nah, jadi biasanya sertifikasi seperti CHRP ini diberikan oleh asosiasi profesional sumber daya manusia di berbagai negara, dengan persyaratan yang mungkin sedikit berbeda.

Tetapi jika dilihat secara umum, sertifikasi CHRPs melibatkan beberapa kombinasi, seperti:

  • Pendidikan formal di bidang SDM
  • Pengalaman kerja yang relevan
  • Telah lulus ujian (menguji pemahaman dan keterampilan praktis dalam fungsi SDM)

Manfaat Program Setifikasi CHRP

Secara umum, manfaat dari mengikuti program sertifikasi CHRP adalah untuk memperoleh pengakuan dan validasi, yang meningkat dalam komunitas industri. Dari validasi tersebut, akan berpengaruh ke peningkatan peluang karir, membantu membedakan diri dari pesaing, hingga meningkatkan kepercayaan bagi organisasi dan rekan kerja.

Namun, masih ada lagi manfaat lainnya dari mengikuti program CHRP, terutama bagi para profesional sumber daya manusia (SDM), perusahaan, dan industri secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari program CHRP:

1. Standar Profesional yang Diakui

Program CHRP menetapkan standar profesi yang diakui dalam bidang SDM. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa individu tersebut telah memenuhi kriteria dan persyaratan yang ditetapkan oleh asosiasi profesional sumber daya manusia.

Hal ini memberikan kepercayaan dan validasi bagi individu tersebut, dalam menjalankan peran dan tanggung jawab mereka. Jadi, tidak heran jika banyak HR senior yang ingin mengikuti program sertifikasi ini, agar karirnya bisa lebih melesat.

2. Pengakuan dan Kepercayaan

Memiliki sertifikasi CHRP meningkatkan pengakuan dan kepercayaan dari rekan kerja, atasan, dan organisasi terhadap kompetensi dan keahlian seseorang dalam bidang SDM.

Sertifikasi ini menunjukkan komitmen terhadap suatu profesi, pemahaman yang mendalam tentang praktik terbaik, dan kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas SDM dengan efektif.

3. Peningkatan Peluang Karir

Sertifikasi CHRP dapat meningkatkan peluang karir bagi para profesional SDM. Sertifikasi ini juga dapat menjadi faktor diferensiasi yang kuat dalam seleksi kandidat, promosi, dan pengembangan karir.

Bahkan, banyak perusahaan mencari profesional SDM yang memiliki sertifikasi CHRP, karena mereka dianggap lebih memiliki pengetahuan dan keterampilan, yang diperlukan untuk mengelola fungsi SDM dengan baik.

Jadi, ketika kamu sudah memiliki sertifikat CHRP, kamu bisa selangkah lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan atau status jabatan yang diinginkan.

4. Pengetahuan dan Keterampilan yang Diperbarui

Untuk memperoleh sertifikasi CHRP, individu harus menjalani pendidikan formal, mengikuti pelatihan, dan lulus ujian yang sesuai. Proses ini memastikan bahwa mereka memiliki pemahaman yang mendalam tentang konsep dan praktik SDM terkini.

Dengan memperbarui pengetahuan dan keterampilan mereka melalui program CHRP, para profesional SDM dapat tetap relevan dalam lingkungan kerja yang terus berkembang.

5. Jaringan Profesional

Melalui program CHRPs, para profesional SDM dapat terhubung dengan jaringan profesional yang luas. Mereka dapat berinteraksi dengan praktisi SDM lainnya, berbagi pengalaman, belajar dari yang terbaik, dan menjalin hubungan bisnis yang bermanfaat.

Jaringan ini dapat memberikan peluang kolaborasi, pertukaran ide, dan dukungan dalam perkembangan karir. Jadi, ketika mendapatkan kesempatan untuk bisa ikut sertifikasi, maka ambil juga kesempatan untuk menjalin pertemanan antar anggota, sebagai link di masa mendatang.

6. Kepatuhan dan Etika Profesional

Program CHRP seringkali melibatkan komponen etika dan kepatuhan dalam praktik SDM. Para profesional SDM yang memiliki sertifikasi CHRPs dianggap memiliki pemahaman yang baik tentang kode etik dan standar perilaku dalam bidang SDM.

Hal ini membantu memastikan bahwa praktik SDM dilakukan dengan integritas dan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku.

Cara Mendapatkan sertifikat CHRP

HR yang memiliki sertifikat cendrung lebih memiliki kredibilitas.
Image by pressfoto on Freepik, HR yang memiliki sertifikat cendrung lebih memiliki kredibilitas.

Ada banyak cara mendapatkan sertifikasi CHRP (Certified Human Resources Professional), tergantung pada asosiasi profesional sumber daya manusia yang memberikan sertifikasi tersebut.

Jika Anda ingin mengetahui cara umum untuk mendapatkan, bisa langkah-langkah berikut ini:

  • Riset dan Pilih Asosiasi: Identifikasi asosiasi profesional sumber daya manusia yang diakui di negara atau wilayah Anda. Teliti persyaratan, kriteria, dan proses pendaftaran yang ditetapkan oleh asosiasi tersebut.
  • Persyaratan Pendidikan dan Pengalaman: Periksa persyaratan pendidikan dan pengalaman yang diperlukan untuk memenuhi syarat mengikuti sertifikasi CHRP. Biasanya, asosiasi akan menetapkan persyaratan tertentu, seperti gelar sarjana terkait atau pengalaman kerja di bidang sumber daya manusia.
  • Daftar dan Siapkan Dokumen: Daftar sebagai calon peserta sertifikasi CHRPs melalui asosiasi yang relevan. Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti transkrip akademik, sertifikat pelatihan, dan bukti pengalaman kerja yang relevan.
  • Ikuti Pelatihan dan Persiapan: Beberapa asosiasi mungkin menawarkan program pelatihan khusus yang membantu peserta dalam mempersiapkan ujian sertifikasi CHRP. Manfaatkan pelatihan tersebut dan gunakan sumber daya yang tersedia untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan.
  • Ikuti Ujian Sertifikasi: Setelah memenuhi persyaratan dan mempersiapkan diri dengan baik, ikuti ujian sertifikasi CHRP yang diselenggarakan oleh asosiasi. Ujian ini akan menguji pemahaman dan keterampilan Anda dalam bidang sumber daya manusia.
  • Evaluasi dan Penilaian: Setelah menyelesaikan ujian, asosiasi akan mengevaluasi hasil ujian Anda. Jika Anda memenuhi persyaratan dan lulus ujian, Anda akan diberikan sertifikasi CHRP.
  • Pemeliharaan dan Pengembangan Profesional: Setelah memperoleh sertifikasi CHRP, perhatikan persyaratan pemeliharaan sertifikasi yang ditetapkan oleh asosiasi. Ini mungkin melibatkan menjaga pendidikan dan pengembangan profesional yang terus-menerus untuk memastikan pembaruan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang sumber daya manusia.

Raih Karir HR Lebih Mudah Dengan Sertifikasi CHR

Perlu diingat kembali, bahwa dengan memiliki sertifikasi CHRPs (Certified Human Resources Professional), Anda sebagai HR bisa diuntungkan dalam berkarir di bidang HR, meski tidak secara langsung. Karena Anda juga butuh beberapa poin yang perlu dilakukan, untuk bisa menambah validasi tersebut seperti:

  • Meningkatkan kredibilitas sebagai profesional HR
  • Meningkatkan peluang karir yang lebih jelas
  • Mengembangkan kompetensi di berbagai aspek HR
  • Memiliki jaringan profesional

Nah, agar kamu bisa raih karir HR yang diinginkan dengan baik, maka kamu harus persiapkan sertifikasi CHRP dengan matang. Namun, tidak perlu khawatir soal persiapan, karena beberapa software HR dapat membantu memfasilitasi persiapan dan pengelolaan program pengembangan.

Persiapkan Sertifikasi CHRP Dengan Software HR

Berikut adalah beberapa cara di mana software HR dapat membantu persiapan sertifikasi CHRP.:

  • Merencanakan pengembangan pribadi yang sesuai dengan persyaratan sertifikasi
  • Manajemen dokumen untuk membantu mengorganisir dokumen yang diperlukan
  • Melakukan pemantauan kemajuan dalam mencapai persyaratan sertifikasi
  • Bisa mengakses sumber belajar karena biasanya tersedia modul dengan topik atau materi yang akan diujikan
  • Sebagai platform kolaborasi dan dukungan di mana Anda bisa berinteraksi dengan para profesional HR lainnya

Butuh software HR yang mumpuni untuk bantu persiapan sertifikasi? Nusawork bisa jadi pilihan tepat, yang biasa dipilih banyak HR dan perusahaan. Karena selain membantu persiapan karir HR, Nusawork juga bisa membantu semua pekerjaan HR di perusahaan, dalam pengelolaan karyawan!

Nusawork dapat membantu manajemen HR Anda saat sertifikasi
Nusawork dapat membantu manajemen HR Anda saat sertifikasi

Tag :

Artikel Terkait

JKN

Dunia HR

Berobat Menggunakan HP Saja? Simak Penjelasan tentang JKN Mobile

Ingin berobat menggunakan HP saja? Instal dan gunakan aplikasi JKN Mobile BPJS Kesehatan untuk berobat secara online dengan mudah dan praktis. Sekarang, berobat menjadi lebih mudah karena BPJS Kesehatan menghadirkan aplikasi JKN Mobile. Aplikasi JKN Mobile ini memudahkan kepada para pengguna untuk bisa berobat lewat ponsel serta mengakses layanan kesehatan dan informasi kesehatan lainnya. Sebenarnya, seperti apa aplikasi JKN Mobile?…

sheila
|
22 April, 2024
JKM

Dunia HR

JKM, JHT, JKK, JP, JKP Apa Sih Perbedaannya?

Dalam dunia kerja dan kesejahteraan pekerja, barangkali Anda pernah mendengar istilah-istilah seperti JKM, JHT, JKK, JP, dan JKP. Namun, apakah Anda betul-betul paham beda kelima istilah ini dan bagaimana hubungannya dengan kesejahteraan pekerja? Mari kita cari tahu perbedaannya supaya Anda lebih memahami hak dan perlindungan pekerja yang diatur oleh BPJS Ketenagakerjaan. Penjelasan Singkat Tentang JKM, JHT, JKK, JP dan JKP…

sheila
|
12 April, 2024

Dunia HR

HR Lebih Produktif! Ini Keuntungan Menggunakan Aplikasi Payroll Online

Seiring dengan perkembangan teknologi di era digital saat ini, penggunaan aplikasi payroll online makin menjadi pilihan populer bagi perusahaan dalam mengelola penggajian karyawan. Dengan berbagai fitur dan kemudahan yang ditawarkan, penggunaan aplikasi tersebut tidak hanya memberikan keuntungan bagi HR (Human Resources), tetapi juga bagi seluruh organisasi. Yuk, kupas keuntungan menggunakan aplikasi penggajian online  bagi perusahaan dan HR.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Payroll Online

Payroll Online

Sumber : Envato

Aplikasi payroll merupakan perangkat lunak yang didesain khusus untuk menjalankan tugas pengelolaan data untuk penggajian karyawan. Secara otomatis, aplikasi payroll akan menghitung gaji karyawan berdasarkan data yang dimasukkan ketika karyawan tersebut bergabung dengan perusahaan. Berikut beberapa keuntungan yang dimiliki aplikasi ini.

1. Efisiensi Waktu dan Tenaga

Dengan menggunakan aplikasi payroll online Anda dapat menghemat waktu dan tenaga yang sebelumnya digunakan untuk proses manual dalam penggajian karyawan. Menggunakan aplikasi tersebut, Anda dapat melakukan otomatisasi proses perhitungan gaji, potongan, dan tunjangan karyawan.

Dari segi efisiensi tenaga, kesalahan manusia dalam proses input data juga dapat ditekan seminimal mungkin sehingga dapat menghindari adanya kerja dobel disebabkan kesalahan tersebut. Aplikasi payroll online juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mengakses dan mengelola data penggajian secara real-time, pengelolaan dan pencocokan data manual pun tak lagi diperlukan.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda melakukan berbagai tugas administrasi terkait penggajian dengan lebih cepat dan efisien. Dengan demikian, waktu yang sebelumnya digunakan untuk tugas-tugas manual dapat dialihkan ke kegiatan lain yang lebih strategis dan bernilai tambah bagi perusahaan.

2. Keamanan dan Akurasi Data

Salah satu keunggulan besar menggunakan aplikasi payroll online adalah keamanan dan akurasi data yang lebih terjamin. Adapun manfaat terkait keamanan dan akurasi data yaitu meliputi penyimpanan data yang aman dan terenkripsi serta mengurangi risiko kehilangan atau kebocoran informasi.

Melalui sistem otomatis dalam menghitung gaji dan potongan, data lebih akurat dan risiko kesalahan perhitungan bisa dihindari. Pembaruan regulasi dan perubahan pajak otomatis juga disesuaikan dalam sistem demi ketepatan data gaji karyawan.

Dengan data yang aman dan akurat, perusahaan dapat menghindari potensi masalah hukum terkait penggajian dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. Hal ini juga membantu meningkatkan kepercayaan karyawan terhadap proses penggajian perusahaan.

3. Kemudahan Akses Informasi dan Pelaporan

Aplikasi payroll online mampu memberikan kemudahan dalam akses informasi dan pelaporan penggajian. Kemudahan akses dan pelaporan tersebut memungkinkan karyawan mengakses informasi gaji dan slip gaji secara mandiri melalui platform online.

HR juga dapat dengan mudah menghasilkan laporan penggajian bulanan, tahunan, dan sesuai kebutuhan perusahaan. Adanya kemudahan akses informasi gaji memungkinkan karyawan memantau dan memverifikasi data gaji mereka sendiri serta mengurangi potensi kesalahpahaman atau keluhan terkait penggajian. Sementara itu, HR dapat dengan cepat menghasilkan laporan-laporan yang diperlukan untuk kebutuhan manajemen dan keuangan perusahaan.

4. Penghematan Biaya Operasional

Selain efisiensi dan keamanan, penggunaan aplikasi payroll online juga dapat membantu Anda menghemat biaya operasional perusahaan. Penghematan biaya operasional dapat berupa pengurangan biaya cetak slip gaji dan dokumen-dokumen terkait penggajian serta biaya pelatihan karyawan untuk melakukan penggajian manual. Tak hanya itu, payroll online juga dapat mengurangi biaya yang timbul karena kesalahan perhitungan atau keterlambatan pembayaran gaji yang dapat berdampak pada produktivitas dan loyalitas karyawan.

5. Membantu Perusahaan dalam Mengambil Keputusan

Aplikasi payroll dapat menjadi alat evaluasi perusahaan untuk merencanakan strategi dan mengatasi berbagai kasus yang terjadi. Misalnya, fitur integrasi aplikasi dengan data kehadiran dan absensi dapat menjadi dasar keputusan menurunkan angka ketidakhadiran karyawan yang tinggi dan peninjauan komponen gaji berdasarkan tingkat kehadiran karyawan. Dengan kata lain, berbagai keputusan manajemen untuk menaikkan pertumbuhan perusahaan dapat diambil berdasarkan aplikasi ini.

Beberapa keuntungan menggunakan aplikasi payroll online di atas pada akhirnya nanti akan dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas dalam pengelolaan penggajian karyawan. Melalui produktivitas yang tinggi dalam hal penggajian tersebut, banyak waktu, tenaga, dan uang yang dapat diinvestasikan untuk kemajuan perusahaan.Pemilihan aplikasi payroll online yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan seperti Nusawork juga sangat penting untuk meraih manfaat maksimal dari teknologi ini. Dengan sederet keunggulan seperti kalkulasi komponen gaji secara otomatis, rekap data gaji yang akurat, dan data terintegrasi, payroll berbasis online ini mampu mengoptimalkan kinerja HR dan meningkatkan produktivitas karyawan. Maka, sudah saatnya Anda meninggalkan sistem manual dan beralih ke sistem payroll online yang lebih praktis, modern, dan efisien ini.

sheila
|
08 April, 2024
nusawork

Siap untuk kerja lebih produktif dengan Nusawork?

Optimalkan administrasi HR perusahaan Anda dan tingkatkan produktivitas karyawan dengan sistem HR terintegrasi.