6 Tips Menarik dan Mempertahankan Talenta Gen Z

Rachmad Raditiyoputro

|

13 September, 2023

Bagikan artikel ini

Icon Facebook

Icon Twitter

Generasi Z, atau yang lebih dikenal dengan Gen Z, merupakan istilah yang digunakan untuk mewakili kelompok usia yang lahir antara tahun 1997 sampai 2012. Jika dilihat dari usia, Gen Z sekarang berada pada rentang usia 11 sampai 26 tahun. Dilansir dari Zurich, Gen Z diperkirakan akan mengisi 27% dari lapangan pekerjaan yang ada dalam 2 tahun ke depan.

Dari segi karakteristik, generasi ini tentu memiliki kebiasaan dan value yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Oleh karena itu, perusahaan perlu tahu bagaimana cara menarik Generasi Z dan mempertahankan talenta mereka. Ini sangat penting agar perusahaan bisa mendapatkan kandidat Gen Z yang sesuai dengan ekspektasi.

gen z cendrung aktif dengan dukungan suport dari perusahaan.
gen z cendrung aktif dengan dukungan suport dari perusahaan.

Ada beberapa tips untuk menarik Generasi Z yang bisa diterapkan oleh perusahaan mulai hari ini. Apa saja?

  1. Dorong Keberagaman, Kesetaraan dan Inklusi di Tempat Kerja

Dibanding generasi sebelumnya seperti Baby Boomer atau bahkan Generasi Milenial, Gen Z termasuk kelompok usia yang lebih menghargai keberagaman, kesetaraan dan inklusi. Untuk menarik Generasi Z, dunia bisnis harus mampu menciptakan lingkungan kerja yang ramah, adil dan inklusif serta menjunjung keberagaman dan individualitas.

Selain itu, perusahaan yang memiliki susunan kepemimpinan yang inklusif, cenderung lebih mampu menarik dan mempertahankan Gen Z dibanding perusahaan yang cenderung kaku dengan aturan lama.

  1. Tawarkan Lingkungan Kerja yang Fleksibel dan Sehat

Mayoritas Gen Z adalah orang-orang yang sangat menghargai work-life balance. Mereka cenderung menyukai lingkungan kerja yang fleksibel seperti WFH/WFA atau jadwal kerja yang fleksibel. Untuk bisa menarik Generasi Z dan mempertahankan mereka dalam perusahaan, bisnis perlu mulai menawarkan opsi-opsi semacam ini.

  1. Berikan Peluang untuk Tumbuh

Memiliki karier dengan jalan buntu adalah hal yang tidak disukai oleh siapa pun, termasuk Generasi Z. Karena itu, kebanyakan Generasi Z akan sangat menyukai lingkungan kerja yang menyediakan ruang dan kesempatan bagi mereka untuk belajar. Program bimbingan, pelatihan formal atau kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di sebuah perusahaan biasanya akan jadi nilai plus bagi Gen Z.

  1. Tawarkan Kompensasi dan Tunjangan yang Kompetitif

Untuk bisa tampil mencolok di antara para talenta Gen Z, hal yang tidak kalah penting untuk dimiliki oleh sebuah perusahaan adalah kompensasi dan tunjangan yang adil dan kompetitif. Ini tidak hanya mencakup gaji, tapi juga berbagai benefit lain termasuk asuransi kesehatan, diskon perusahaan hingga liburan berbayar. Berbagai kompensasi ini akan menjadi penawaran yang menarik bagi Generasi Z untuk bertahan di perusahaan tempat mereka bekerja.

  1. Susun Lowongan Pekerjaan dengan Benar

Generasi Z dikenal sebagai generasi yang tidak ragu berganti perusahaan, terutama jika mereka merasa tidak puas dengan posisi mereka saat ini. Gen Z juga termasuk orang-orang yang percaya diri dalam mencari peran baru.

Untuk menarik Generasi Z, bisnis harus memastikan bahwa lowongan pekerjaan dan deskripsinya dibuat dengan benar. Bagi mereka yang baru memulai karier, akan menjadi hal yang menakutkan ketika pemberi kerja mengharapkan kandidat dengan minimal pengalaman 3 tahun untuk posisi entry-level. Ini adalah kasus yang sangat sering terjadi.

gen z sangat menghargai transparansi jadi jobdec yang tepat adalah penting
gen z sangat menghargai transparansi jadi jobdec yang tepat adalah penting

Selain itu, memprioritaskan pengalaman dibanding keterampilan juga bisa membuat perusahaan kehilangan calon kandidat Gen Z yang berkualitas tinggi hanya karena ada satu syarat yang tidak bisa mereka penuhi.

  1. Berinvestasi pada Teknologi

Bukan rahasia lagi bahwa Gen Z adalah penduduk asli digital alias digital native karena mereka sama sekali tidak pernah merasakan era non-internet. Kecenderungan ini membuat mereka mengharapkan bisa bekerja di perusahaan yang menggunakan teknologi terkini. Tidak hanya teknologi yang berkaitan secara langsung dengan tugas dan peran mereka, tapi juga teknologi relevan untuk menyederhanakan proses, meningkatkan kolaborasi serta komunikasi di dalam perusahaan.

Nusawork sebagai pilihan software yang terdigitalisasi dan terotomasi merupakan salah satu teknologi yang perlu diterapkan di perusahaan untuk menarik Generasi Z. Dengan efisiensi manajemen SDM, proses kerja HR jadi lebih mudah dan tingkat retensi karyawan termasuk mereka yang berasal dari kelom Generasi Z dapat dipertahankan. Hubungi Nusawork di sini untuk informasi selengkapnya!

Artikel Terkait

nusawork-hris-apps

Blog

Mengoptimalkan Efisiensi HR : Panduan Memilih Aplikasi HR yang Tepat

Dalam era digital yang terus berkembang, aplikasi Sumber Daya Manusia (Aplikasi HR) telah menjadi pondasi penting bagi perusahaan dalam mengelola tenaga kerja mereka secara efisien. Begitu banyak pilihan yang tersedia, memilih aplikasi HR yang tepat bisa menjadi tugas yang menantang. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah penting untuk membantu Anda memilih aplikasi HR yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda…

tulus
|
30 April, 2024
JKN

Blog

Berobat Menggunakan HP Saja? Simak Penjelasan tentang JKN Mobile

Ingin berobat menggunakan HP saja? Instal dan gunakan aplikasi JKN Mobile BPJS Kesehatan untuk berobat secara online dengan mudah dan praktis. Sekarang, berobat menjadi lebih mudah karena BPJS Kesehatan menghadirkan aplikasi JKN Mobile. Aplikasi JKN Mobile ini memudahkan kepada para pengguna untuk bisa berobat lewat ponsel serta mengakses layanan kesehatan dan informasi kesehatan lainnya. Sebenarnya, seperti apa aplikasi JKN Mobile?…

sheila
|
22 April, 2024
PESANGON

Blog

Karyawan Keluar Dapat Pesangon? Berikut Penjelasan tentang Pesangon

Apakah karyawan keluar mendapat pesangon? Yuk, cari tahu penjelasan apa itu pesangon, aturan, dan syarat untuk mendapatkannya. Apakah setiap karyawan yang keluar dari tempat kerja mendapat pesangon? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh karyawan yang berencana resign. Nah, untuk tahu jawabannya, yuk, cari tahu penjelasannya di artikel ini. Apa itu Pesangon? Sumber : Envato Pesangon merupakan sejumlah kompensasi atau uang yang…

sheila
|
22 April, 2024
nusawork

Siap untuk kerja lebih produktif dengan Nusawork?

Optimalkan administrasi HR perusahaan Anda dan tingkatkan produktivitas karyawan dengan sistem HR terintegrasi.