Pentingnya Mengambil Cuti Buat Karyawan, Berikut Bahasannya

Mengambil cuti buat karyawan sangat penting untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental yang baik di tempat kerja dan akan meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja karyawan. 

Dengan mengambil cuti, karyawan bisa mengambil waktu untuk istirahat dan re-charge energi. Pada dasarnya semua orang butuh break dalam rutinitasnya untuk menurunkan stres dan mood yang baik. Terutama buat karyawan dan pekerja, cuti diharapkan bisa membantu mengembalikan motivasi kerja. Simak selengkapnya pentingnya mengambil cuti buat karyawan di sini! 

Cuti Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan

Karyawan yang jarang mengambil cuti besar kemungkinan akan mengalami burnout. Burnout adalah keadaan kelelahan emosional, fisik, dan mental yang disebabkan oleh stres yang berlebihan dan berkepanjangan. 

Jika perusahaan mengabaikan ini, kelelahan berkepanjangan pada karyawan dapat memicu masalah di tempat kerja yang mengakibatkan kurangnya keterlibatan, penurunan efisiensi, absensi, dan terjadinya kesalahan saat bekerja. 

1. Karyawan Bahagia Perusahaan Sejahtera 

Mengambil cuti buat karyawan bisa luangkan waktu dengan keluarga

Mengambil cuti dapat mengembalikan keseimbangan kerja karyawan. Karyawan yang terlalu banyak bekerja sehingga tidak mengambil cuti lebih gampang stres dan justru menurunkan performanya. Kinerja yang menurun justru memberikan dampak buruk buat perusahaan. Berbeda halnya bila karyawan mendapatkan keseimbangan antara bekerja dan aktivitas non bekerja, karyawan akan lebih bisa bekerja dengan optimal ketika ia tidak tertekan saat bekerja. 

2. Mengurangi Insiden Kesehatan dan Keselamatan

Karyawan yang jarang mengambil cuti lebih rentan mengalami masalah kesehatan dan bukan tak mungkin berisiko jatuh sakit dan mengurangi keselamatannya saat bekerja. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Centers for Disease Control and Prevention, tingkat kelelahan yang tinggi dapat memengaruhi performa karyawan yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan pekerja. 

Jika Anda memiliki staf yang terlalu banyak bekerja, mereka cenderung membuat kesalahan dan tidak selalu waspada seperti ketika mereka mendapatkan istirahat yang cukup dan baik. 

3. Pentingnya Keseimbangan dalam Bekerja 

Saat Anda menciptakan budaya yang merangkul keseimbangan dalam bekerja, dan mendukung karyawan untuk mengambil cuti, ini akan menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan seimbang. Sementara cuti sakit lebih sulit dikendalikan, merencanakan cuti tahunan dan akan membantu mengurangi gangguan kerja dan mencegah terjadinya kolaps pada karyawan sebagai individu dan organisasi.

4. Mengurangi Ketidakhadiran

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, cuti adalah hak dan kewajiban karyawan. Sangat penting untuk karyawan istirahat dan break dengan mengambil cuti untuk istirahat dari rutinitas dan kesibukan bekerja.

Mengambil cuti sangat penting untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental yang baik di tempat kerja dan meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja orang-orang. Sejatinya, karyawan akan lebih bahagia dan cenderung tidak mengambil cuti sakit ataupun ketidakhadiran tak terencana lainnya. 

Aplikasi Nusawork HR Membantu Kemudahan Absensi dan Pengajuan Cuti Karyawan

Sistem digitalisasi telah membantu memudahkan administrasi karyawan, termasuk dalam hal absensi dan pengajuan cuti. Nusawork HR adalah aplikasi HR dengan sistem online yang mempermudah pekerjaan HR dan payroll perusahaan.

Dengan Nusawork, tidak perlu lagi pengajuan cuti manual, semua sudah tersistematisasi, sehingga mempermudah karyawan mengajukan cuti ke atasan dengan fitur self-service, dan tentu saja membantu HR mendata absensi karyawan.

Bayangkan kalau HR harus membuat data kehadiran karyawan secara manual? Tentu saja ini akan menyita waktu, belum lagi kemungkinan kesalahan akibat manualisasi? Pastinya kehidupan HR akan semakin ribet dan ruwet. Buat Anda yang saat ini sedang mencari sistem payroll HR yang menjawab semua kebutuhan adminstrasi human resource, silahkan cek di sini!

Bagikan artikel ini