Kenapa Slip Gaji Diperlukan oleh Karyawan dan HR?

Pentingnya slip Gaji untuk karyawan

Slip gaji adalah dokumen yang diberikan kepada karyawan untuk menunjukkan berapa banyak gaji yang diberikan perusahaan atas pekerjaan yang dituntaskan karyawan. Biasanya slip gaji mencakup rincian semua komponen gaji, pemotongan, dan tunjangan. 

Perlu dicatat bahwa slip gaji dapat berupa hard copy (dokumen cetak) atau soft copy (email ataupun data yang biasa diakses lewat aplikasi). Slip gaji biasanya diberikan saat gajian. Sebenarnya ketika karyawan hendak mengikat kontrak dengan perusahaan, karyawan sudah pasti tahu berapa besaran gaji yang diterimanya. Lantas, kenapa ya karyawan masih membutuhkan slip gaji? Informasi selengkapnya bisa dibaca di sini!

Slip Gaji Dibutuhkan sebagai Dokumen Legal

Pada dasarnya, setiap perusahaan bisa jadi memiliki slip gaji yang bervariasi ataupu format berbeda. Namun, pada umumnya akan mencakup beberapa hal berikut, seperti:

  • Pendapatan kotor dari gaji yang diperoleh.
  • Detial tiap pemotongan yang dilakukan, terkait untuk apa dan jumlahnya.
  • Jumlah bersih dari iuran gaji.

Slip gaji tidak hanya diperlukan oleh karyawan tetapi juga untuk HR. Sebelum masuk ke manfaat slip gaji untuk HR, ada baiknya kita bahas dulu, kenapa slip gaji diperlukan oleh karyawan?

Bukti Karyawan Bekerja di Perusahaan 

Ketika melamar pekerjaan, slip gaji menjadi kebutuhan sebagai informasi valid yang menunjukkan seseorang memang bekerja di perusahaan bersangkutan dan mendapatkan nominal gaji tertentu. Slip gaji dibutuhkan karyawan juga sebagai suatu upaya untuk menegosiasikan gaji.

Bukti Stabilitas Keuangan Karyawan

Slip gaji adalah bukti stabilitas keuangan seseorang saat mengajukan pinjaman atau hipotek. Slip gaji adalah salah satu dokumen penting yang harus diserahkan saat mengajukan pinjaman.

Slip gaji digunakan Untuk Urusan Dokumen Hukum Tertentu

Seorang karyawan dapat menggunakan slip gaji sebagai dokumen hukum tertentu bila diperlukan. Misalnya, ketika terjadi konflik hukum antara karaywan dan perusahaan, slip gaji bisa menjadi alat bukti ataupun klaim terkait konflik tersebut. 

Dan tentu saja sebagai HR yang mewakili perusahaan dalam hal pemberian hak ke karyawan, slip gaji menjadi dokumen yang diperlukan. Ada beberapa manfaat pemberian slip gaji yang dilakukan HR antara lain adalah:

1. Slip gaji kepada karyawan adalah konfirmasi formal bahwa perusahaan membayar karyawan sejumlah sekian dan itu menjadi bukti otentik yang terukur juga terdata.

2. Slip gaji merupakan dokumen hukum yang dapat digunakan dalam kasus klaim pembayaran terhadap karyawan.

3. Slipi gaji menjadi bukti kalau perusahaan memegang teguh kontrak kerja dan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati di kontrak. 

4. Meningkatkan transparansi antara perusahaan dan karyawan mengenai berapa banyak yang dipotong dan penjelasan mengenai pemotongannya.

Aplikasi HR untuk Menghitung Gaji

Menyadari urgensi akan kebutuhan slip gaji yang tidak hanya sekadar pemberian informasi mengenai penghasilan karyawan, tentunya kebutuhan ini perlu dibarengi dengan aplikasi yang kompeten dan mendukung. 

Nusawork adalah aplikasi HR yang memberikan kemudahan kepada Anda dalam mengolah gaji karyawan serta kebutuhan administrasi lainnya. Dengan menggunakan aplikasi Nusawork, sebagai HR Anda bisa menghindari kesalahan perhitungan gaji, tunjangan, dan potongan lainnya. 

Nusawork juga memberi kemudahan perihal absensi dan pengajuan cuti—sesuatu yang biasanya sangat ribet bila dilakukan secara manual karena membutuhkan persetujuan langsung supervisor. 

Menggunakan aplikasi HR Nusawork, semua hal ini terintegrasi dengan mudah hanya dengan sekali klik. Notifikasi juga akan masuk ke email atasan sehingga bisa segera diberi respon yang terdata dengan aktual. Bila Anda ingin mengulik langsung bagaimana Nusawork dapat memberikan kemudahan data terkait administrasi HR, bisa langsung request demo di sini!

Bagikan artikel ini