Kelemahan Payroll Manual yang Penting Diketahui HR

nusawork

|

1 November, 2022

Bagikan artikel ini

Icon Facebook

Icon Twitter

Di era digital seperti sekarang ini, segala kebutuhan dunia pekerjaan dipermudah dengan adanya sistem digital. Termasuk juga pendataan, operasional karyawan, salah satunya gaji yang dilakukan oleh tim HR.Untuk perusahaan berskala kecil, penggajian atau payroll berbasis manual sudah mencukupi kebutuhan. Namun, buat perusahaan dengan skala menengah, payroll manual justru memiliki kelemahan yang riskan dan malah merugikan pekerjaan. Apa saja kelemahan sistem payroll manual yang penting diketahui HR? Simak informasinya di sini!

Pengertian Dasar Payroll Manual

Salah perhitungan dalam payroll manual memakan waktu dan rawan kesalahan
Salah perhitungan dalam payroll manual memakan waktu dan rawan kesalahan

Payroll manual adalah sistem penggajian karyawan tanpa menggunakan perangkat lunak. Mungkin, buat pemilik usaha kecil, sistem payroll manual ini sudah cukup untuk mengerjakan operasional sehari-hari. Namun, ada banyak banyak kelemahan dari payroll manual yang membuat sistem ini riskan untuk diaplikasikan. 

Bebrapa Kelemahan Dari Payroll Manual

1. Meningkatkan Risiko Terjadinya Kesalahan Perhitungan

Sistem penggajian membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Terutama bila karyawan banyak. Penghitungan manual hanya akan meningkatkan risiko terjadinya salah hitung ataupun salah memasukkan data. 

2. Tidak Ada Aturan yang Jelas

Sistem payroll manual akan membuat HR sulit untuk menegakkan aturan. Misalnya, ada denda keterlambatan untuk karyawan yang telat masuk kantor. Ketika sistemnya manual, akan lebih sulit untuk mengaplikasikan aturan ini dengan pertimbangan kasihan atau mungkin kedekatan. 

Berbeda bila sistemnya digital, dimana semua aturan sudah jelas, tinggal diberlakukan sesuai dengan aplikasi yang ada. Tidak ada lagi istilah kasihan atau pertemanan, karena semua data diatur secara digital.

3. Memakan Waktu Lama

Payroll manual akan memakan waktu lama dari segi perhitungan dan penyesuaian data. Belum lagi misalnya sebagai HR, Anda sedang mengerjakan hal lain yang butuh selesai hari itu juga. Bisa-bisa terjadi penundaan gaji karyawan dan kesalahan perhitungan lain, sehingga perlu dilakukan perhitungan ulang. Tentu saja ini dapat menghambat operasional dan sistem manajemen perusahaan.

4. Pelatihan Spesifik untuk Tim HR dan Lambatnya Evaluasi Data

Payroll manual membutuhkan penerapan pelatihan yang spesifik buat tim HR yang menangani penggajian. Ini termasuk juga undang-undang, peraturan kantor, dan lain sebagainya. Pastinya, karena sistem manual, membutuhkan evaluasi data yang lebih lambat, plus membutuhkan usaha untuk berkonsentrasi penuh.

Saatnya Beralih ke Sistem Aplikasi Payroll

Mengetahui kekurangan yang diperoleh dari sistem payroll manual, sudah saat Anda beralih ke sistem aplikasi payroll. Penggunaan aplikasi akan mempemudah sistem penggajian dan pendataan operasional perusahaan. 

Nusawork Solusi manajemen HR yang terdigitalisasi dan terotomasi
Nusawork Solusi manajemen HR yang terdigitalisasi dan terotomasi

Buat Anda yang saat ini sedang mencari sistem payroll untuk pengorganisasian perusahaan, Anda bisa menggunakan jasa Nusawork HR yang membuat sistem penggajian lebih mudah. Nusawork HR tidak hanya menghitung gaji karyawan, melainkan juga beberapa kemudahan berikut, yaitu:

  • Perhitungan payroll.
  • Perhitungan THR.
  • Penyesuaian PPH21.
  • Perhitungan BPJS.
  • Slip gaji.
  • Bukti potong pajak 1721-A1.

Dengan menggunakan Nusawok HR, Anda bisa mengatasi masalah pengelolaan gaji dan administratif karyawan yang biasa dialami saat menggunakan payroll secara manual.  Performasi absensi bisa terdata dengan baik dan meminimalkan human error yang kerap terjadi bila payroll dilakukan secara manual. Ini termasuk penjadwalan kerja, lembur, shift, pengelolaan cuti, serta dministrasi lainnya.

Tunggu apa lagi, gunakan Nusawork HR untuk mempermudah proses payroll dan urusan administratif lainnya. Tak hanya kemudahan buat departemen HR, penggunaan aplikasi Nusawork juga membantu departemen finance dalam melakukan pembukuan pekerjaan dan data keuangan masing-masing karyawan.

Nusawork Solusi otomasi payroll untuk HR yang terkini!

Artikel Terkait

PPh

Blog

Biaya PPh21 Makin Tinggi Kalau Jabatan Tinggi? Benarkah?

Benarkah makin tinggi jabatan, makin tinggi juga biaya jabatan PPh 21? Yuk, cari tahu informasi dengan membaca artikel ini. Makin tinggi jabatan bisa menjadikan biaya jabatan PPh 21 menjadi lebih tinggi. Hal ini dikarenakan besaran biaya jabatan ditetapkan sebesar 5% dari penghasilan keseluruhan selama satu tahun. Biar lebih paham, yuk simak artikel ini. Apa itu PPh 21? Pajak penghasilan (PPh)…

sheila
|
16 April, 2024

Blog

IPK Berpengaruh Terhadap Karier? Mitos atau Fakta?

Mungkin Anda pernah mendengar anggapan bahwa Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) memiliki pengaruh besar terhadap kemajuan karier seseorang. Namun, seberapa benarkah anggapan tersebut? Dalam artikel ini akan dibahas mengenai anggapan tersebut, apakah benar merupakan fakta atau hanya sekadar mitos belaka. Sumber : Envato Peran IPK dalam Seleksi Awal Rekrutmen Perusahaan atau instansi yang sedang membuka rekrutmen karyawan kerap menjadikan IPK sebagai…

sheila
|
16 April, 2024
JKM

Blog

JKM, JHT, JKK, JP, JKP Apa Sih Perbedaannya?

Dalam dunia kerja dan kesejahteraan pekerja, barangkali Anda pernah mendengar istilah-istilah seperti JKM, JHT, JKK, JP, dan JKP. Namun, apakah Anda betul-betul paham beda kelima istilah ini dan bagaimana hubungannya dengan kesejahteraan pekerja? Mari kita cari tahu perbedaannya supaya Anda lebih memahami hak dan perlindungan pekerja yang diatur oleh BPJS Ketenagakerjaan. Penjelasan Singkat Tentang JKM, JHT, JKK, JP dan JKP…

sheila
|
12 April, 2024
nusawork

Siap untuk kerja lebih produktif dengan Nusawork?

Optimalkan administrasi HR perusahaan Anda dan tingkatkan produktivitas karyawan dengan sistem HR terintegrasi.