Ubah Toxic Workplace, Begini Caranya!

sheila

|

13 October, 2022

Bagikan artikel ini

Icon Facebook

Icon Twitter

Toxic workplace lebih dari sekadar berkumpulnya orang-orang dengan perilaku toksik di satu tempat kerja yang sama. Ini adalah tentang kultur yang menyimpang, norma-norma yang menurunkan produktivitas yang pada akhirnya berpengaruh pada performa perusahaan itu sendiri. Pada akhirnya hal ini akan mengubur energi, rasa kebersamaan dan optimisme yang ada.

Ada berbagai alasan yang menyebabkan sebuah perusahaan menjadi toxic workplace. Namun ada satu elemen universal yang tidak bisa disangkal menjadi penyebab munculnya budaya beracun dalam bisnis. Salah satunya adalah pimpinan yang tidak bijaksana dan hanya mementingkan dirinya sendiri. Lalu, langkah apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengubah toxic workplace dan membangun budaya kerja yang lebih baik?

Stop Micromanaging

Sebagian besar toxic workplace bermula dari cara kepemimpinan yang mendikte. Micromanaging akan membuat ruang gerak karyawan menjadi terbatas dan ini adalah racun yang perlu diwspadai. Jika Anda ingin membuat kemajuan yang besar, mulailah memberikan sebagian besar otonomi dengan membiarkan karyawan mengerjakan sendiri tugas mereka tanpa komando dan kontrol berlebihan.

Atasi Segera Karyawan dengan Kinerja Buruk

Orang berkinerja tinggi cenderung akan merasa frustrasi jika rekan-rekan kerjanya bermasalah dan membuat semua tugas jadi terhambat. Pastikan karyawan berkinerja buruk memahami kekurangan mereka dan beri mereka waktu singkat untuk memperbaikinya. Jika tidak bisa, jangan ragu untuk menggantinya dengan orang yang memang memiliki kompetensi.

Sesuaikan Sumber Daya yang Ada dengan Prioritas Anda

Bisnis tidak selalu tentang ‘menghasilkan untung sebesar-besarnya, dengan modal sesedikit-sedikitnya’. Ketika karyawan merasa tidak memiliki kapasitas untuk menyelesaikan tuntutan yang Anda minta, mereka pada akhirnya akan merasa frustrasi dan tidak akan bisa berbuat lebih banyak dari apa yang sudah mereka lakukan saat ini.

Hargai Setiap Orang yang Ada di Perusahaan Anda

Banyak orang toksik terbentuk akibat perasaan diremehkan dan tidak dihargai. Namun, hal ini akan berubah total ketika para pemimpin menaruh rasa ingin tahu yang tulus pada mereka. Memerhatikan semua karyawan, menanyakan perkembangan karier hingga pertumbuhan pribadi mereka.

Pujian, pengakuan bahkan rewards akan membuat karyawan merasa dihargai. Ini bisa meminimalisasi menyebarnya ‘racun’ di perusahaan Anda.

Manfaatkan Teknologi

Saat ini, perkembangan teknologi telah membuat beragam pekerjaan menjadi lebih mudah dan sederhana. Ketika perusahaan Anda mengadopsi teknologi dan proses kerja lebih efisien, karyawan punya lebih banyak waktu untuk melakukan hal lain seperti mengembangkan diri dengan mengikuti pelatihan dan lain sebagainya.

Teknologi berupa HR software juga menjadi salah satu hal yang dapat menurunkan tingkat toksisitas di perusahaan Anda. Sistem presensi, pengajuan cuti serta lembur yang lebih mudah akan meningkatkan kepuasan karyawan yang pada akhirnya mengubah toxic workplace ke arah yang positif.

Ingin mengimplementasikan HR & Payroll Management yang lebih baik di perusahaan Anda? Nusawork adalah solusinya. Cek informasi selengkapnya di sini.

Artikel Terkait

JKN

Dunia HR

Berobat Menggunakan HP Saja? Simak Penjelasan tentang JKN Mobile

Ingin berobat menggunakan HP saja? Instal dan gunakan aplikasi JKN Mobile BPJS Kesehatan untuk berobat secara online dengan mudah dan praktis. Sekarang, berobat menjadi lebih mudah karena BPJS Kesehatan menghadirkan aplikasi JKN Mobile. Aplikasi JKN Mobile ini memudahkan kepada para pengguna untuk bisa berobat lewat ponsel serta mengakses layanan kesehatan dan informasi kesehatan lainnya. Sebenarnya, seperti apa aplikasi JKN Mobile?…

sheila
|
22 April, 2024
JKM

Dunia HR

JKM, JHT, JKK, JP, JKP Apa Sih Perbedaannya?

Dalam dunia kerja dan kesejahteraan pekerja, barangkali Anda pernah mendengar istilah-istilah seperti JKM, JHT, JKK, JP, dan JKP. Namun, apakah Anda betul-betul paham beda kelima istilah ini dan bagaimana hubungannya dengan kesejahteraan pekerja? Mari kita cari tahu perbedaannya supaya Anda lebih memahami hak dan perlindungan pekerja yang diatur oleh BPJS Ketenagakerjaan. Penjelasan Singkat Tentang JKM, JHT, JKK, JP dan JKP…

sheila
|
12 April, 2024

Dunia HR

HR Lebih Produktif! Ini Keuntungan Menggunakan Aplikasi Payroll Online

Seiring dengan perkembangan teknologi di era digital saat ini, penggunaan aplikasi payroll online makin menjadi pilihan populer bagi perusahaan dalam mengelola penggajian karyawan. Dengan berbagai fitur dan kemudahan yang ditawarkan, penggunaan aplikasi tersebut tidak hanya memberikan keuntungan bagi HR (Human Resources), tetapi juga bagi seluruh organisasi. Yuk, kupas keuntungan menggunakan aplikasi penggajian online  bagi perusahaan dan HR.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Payroll Online

Payroll Online

Sumber : Envato

Aplikasi payroll merupakan perangkat lunak yang didesain khusus untuk menjalankan tugas pengelolaan data untuk penggajian karyawan. Secara otomatis, aplikasi payroll akan menghitung gaji karyawan berdasarkan data yang dimasukkan ketika karyawan tersebut bergabung dengan perusahaan. Berikut beberapa keuntungan yang dimiliki aplikasi ini.

1. Efisiensi Waktu dan Tenaga

Dengan menggunakan aplikasi payroll online Anda dapat menghemat waktu dan tenaga yang sebelumnya digunakan untuk proses manual dalam penggajian karyawan. Menggunakan aplikasi tersebut, Anda dapat melakukan otomatisasi proses perhitungan gaji, potongan, dan tunjangan karyawan.

Dari segi efisiensi tenaga, kesalahan manusia dalam proses input data juga dapat ditekan seminimal mungkin sehingga dapat menghindari adanya kerja dobel disebabkan kesalahan tersebut. Aplikasi payroll online juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mengakses dan mengelola data penggajian secara real-time, pengelolaan dan pencocokan data manual pun tak lagi diperlukan.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda melakukan berbagai tugas administrasi terkait penggajian dengan lebih cepat dan efisien. Dengan demikian, waktu yang sebelumnya digunakan untuk tugas-tugas manual dapat dialihkan ke kegiatan lain yang lebih strategis dan bernilai tambah bagi perusahaan.

2. Keamanan dan Akurasi Data

Salah satu keunggulan besar menggunakan aplikasi payroll online adalah keamanan dan akurasi data yang lebih terjamin. Adapun manfaat terkait keamanan dan akurasi data yaitu meliputi penyimpanan data yang aman dan terenkripsi serta mengurangi risiko kehilangan atau kebocoran informasi.

Melalui sistem otomatis dalam menghitung gaji dan potongan, data lebih akurat dan risiko kesalahan perhitungan bisa dihindari. Pembaruan regulasi dan perubahan pajak otomatis juga disesuaikan dalam sistem demi ketepatan data gaji karyawan.

Dengan data yang aman dan akurat, perusahaan dapat menghindari potensi masalah hukum terkait penggajian dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. Hal ini juga membantu meningkatkan kepercayaan karyawan terhadap proses penggajian perusahaan.

3. Kemudahan Akses Informasi dan Pelaporan

Aplikasi payroll online mampu memberikan kemudahan dalam akses informasi dan pelaporan penggajian. Kemudahan akses dan pelaporan tersebut memungkinkan karyawan mengakses informasi gaji dan slip gaji secara mandiri melalui platform online.

HR juga dapat dengan mudah menghasilkan laporan penggajian bulanan, tahunan, dan sesuai kebutuhan perusahaan. Adanya kemudahan akses informasi gaji memungkinkan karyawan memantau dan memverifikasi data gaji mereka sendiri serta mengurangi potensi kesalahpahaman atau keluhan terkait penggajian. Sementara itu, HR dapat dengan cepat menghasilkan laporan-laporan yang diperlukan untuk kebutuhan manajemen dan keuangan perusahaan.

4. Penghematan Biaya Operasional

Selain efisiensi dan keamanan, penggunaan aplikasi payroll online juga dapat membantu Anda menghemat biaya operasional perusahaan. Penghematan biaya operasional dapat berupa pengurangan biaya cetak slip gaji dan dokumen-dokumen terkait penggajian serta biaya pelatihan karyawan untuk melakukan penggajian manual. Tak hanya itu, payroll online juga dapat mengurangi biaya yang timbul karena kesalahan perhitungan atau keterlambatan pembayaran gaji yang dapat berdampak pada produktivitas dan loyalitas karyawan.

5. Membantu Perusahaan dalam Mengambil Keputusan

Aplikasi payroll dapat menjadi alat evaluasi perusahaan untuk merencanakan strategi dan mengatasi berbagai kasus yang terjadi. Misalnya, fitur integrasi aplikasi dengan data kehadiran dan absensi dapat menjadi dasar keputusan menurunkan angka ketidakhadiran karyawan yang tinggi dan peninjauan komponen gaji berdasarkan tingkat kehadiran karyawan. Dengan kata lain, berbagai keputusan manajemen untuk menaikkan pertumbuhan perusahaan dapat diambil berdasarkan aplikasi ini.

Beberapa keuntungan menggunakan aplikasi payroll online di atas pada akhirnya nanti akan dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas dalam pengelolaan penggajian karyawan. Melalui produktivitas yang tinggi dalam hal penggajian tersebut, banyak waktu, tenaga, dan uang yang dapat diinvestasikan untuk kemajuan perusahaan.Pemilihan aplikasi payroll online yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan seperti Nusawork juga sangat penting untuk meraih manfaat maksimal dari teknologi ini. Dengan sederet keunggulan seperti kalkulasi komponen gaji secara otomatis, rekap data gaji yang akurat, dan data terintegrasi, payroll berbasis online ini mampu mengoptimalkan kinerja HR dan meningkatkan produktivitas karyawan. Maka, sudah saatnya Anda meninggalkan sistem manual dan beralih ke sistem payroll online yang lebih praktis, modern, dan efisien ini.

sheila
|
08 April, 2024
nusawork

Siap untuk kerja lebih produktif dengan Nusawork?

Optimalkan administrasi HR perusahaan Anda dan tingkatkan produktivitas karyawan dengan sistem HR terintegrasi.